Belajar ??

"kalian harus belajar biar pintar"

Kalimat di atas sudah sangat sering kita dengar , mulai dari kita masih kayak anak ayam yang cuma bisa ngekor sama induknya , dan sepertinya kalimat itu akan kita dengar sampe kita udah bisa jadi induknya anak ayam (ribetnya) .
Jujur nih ya ..
Dulunya , pas aku masih make seragam putih merah , aku paling rajin belajar . Rangking terus dong tentunya (pamer) , tapi itu hanya bertahan sampe kelas 3 SD (pamernya gak jadi) . Setelah naik ke kelas 4 SD , aku tetep belajar cuma banyak mainnya dan sifat itu bertahan sampe kelas 5 SD . Kelas 6 SD mulai rajin lagi belajarnya dan rangking lagi (pamer berkelanjutan) . Tapi , kelas 6 SD itu lah di mana aku terakhir rangking -__-

Setelah itu aku melanjutkan pendidikan di salah satu SMP-IT di dekat rumahku , belajarnya mulai males-malesan tapi tetep aja belajar (apa deh) . Meski banyak mainnya daripada belajar , toh tetep masuk sepuluh besar . Nah , mulai masuk SMK nih ya , makin muales belajarnya . Dan ketika aku tau , selama 1 tahun sekolah di SMK tersebut gak masuk sepuluh besar lagi , rasanya NYESEL BANGET udah MALES BELAJAR .

Rasa penyesalan emang selalu dateng belakangan (kenapa gak pernah duluan ya ?) . Dan disitulah kesadaran saya sebagai seorang siswi mulai timbul lagi sejak saya melanjutkan pendidikan ke kelas 2 SMK .

Belajar ??
Bagi yang biasa melakukannya mungkin kalian dan buku adalah teman sejati sampai mati yang tidak bisa terpisahkan (lebay)
Tapi , bagi kalian yang TIDAK biasa melakukannya ?
Haruskah dipaksa ? JELAS SAJA HARUS !
Mengapa ? belajar itu penting .
Belajar gak cuma dari buku . Pengalaman juga bisa jadi pelajaran yang harus dipelajari ulang .

"jika kamu tidak ingin masa depan kamu seperti masa lalu mu , maka pelajari lah masa lalu mu"

Aku pernah baca kalimat di atas , tapi gak inget baca di mana -__- (maaf , penulisnya pelupa)
Kalo masa lalu kalian banyak hal negatifnya , coba pelajari lagi , mengapa jadi bisa begitu . Nah , kalo udah tau mengapa , jangan di ulangi lagi di masa depan biar masa depanmu tertata dengan rapi serapi buku di perpustakaan :) (lebay ya)

Nggak cuma buku dan pengalaman , belajar juga bisa dari orang-orang sekitar kita .
Bener kok . Kamu bisa tanya ini tanya itu sama orang yang lebih tau .
Pokoknya belajar itu bisa dari mana aja .
Nggak cuma terpaku sama buku .

Bagi yang gak biasa belajar , coba niatin dari hati , kalo kalian ingin belajar .
Habis itu paksain diri kalian . Awalnya emang susah , tapi paksa terus . Bikin jadwal kalo perlu , kapan kalian harus belajar .
Nah , kalo kalian udah terbiasa , otomatis buku adalah sahabat sejati kedua setelah sahabat (beneran) sejati kamu :)



selamat belajar para pelajar :)

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 Dunia OyiTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.